Sekilas Info Tentang kacamata anti radiasi tv komputer dll

blogger templates
Selama ini mungkin Anda pernah mendengar sebuah kacamata yang dnamakan kacamata anti radiasi. Namun apakah Anda sudah mengetahui sebenarnya apakah yang disebut sebagai kacamata anti radiasi itu? Kacamata anti radiasi adalah sejenis kacamata dengan lensa yang berfungsi melindungi mata Anda dari bahaya radiasi. Lensa anti radiasi ini bisa menahan adanya radiasi, seperti dari radiasi komputer, karena memiliki  sebuah lapisan khusus. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu lensa anti radiasi, simak terus tulisan berikut ini.


a.       Apa yang disebut dengan lensa anti radiasi?

Lensa anti radiasi adalah sebuah lensa yang memiliki bahan penyusun berupa senyawa logam pelapis yang dapat menahan datangnya radiasi dari kedua sisi lensa tersebut. kemampuan lensa menahan radiasi berkisar antara 60% hingga 100% tergantung dari bahan logam pelapisnya, yang mampu menahan atau menangkis adanya gelombang elektromagnetik. Pada lensa anti radiasi, selain adanya lapisan logam, juga ada beberapa lapisan lainnya, yaitu lapisan anti silau, lapisan keras dan tahan air, serta ada lapisan lain yang berfungsi dalam membantu mencegah adanya listrik statis serta anti-fouling dalam waktu yang bersamaan. Jika lensa anti radiasi Anda memiliki beberapa lapisan ini, maka lensa Anda akan bisa tetap dalam keadaan bersih dalam waktu yang lama.


b.      Bagaimanakah kacamamata dengan lensa anti radiasi bisa membantu dalam perlindungan mata Anda?

Ketika Anda melaksanakan aktivitas seperti menonton televisi, main video game dengan smartphone, serta mengerjakan pekerjaan Anda menggunakan komputer, maka disaat iu pula lah gelombang elektromagnetik “menyerang” tubuh Anda. Gelombang elektromagnetik yang terus-menerus Anda terima bisa membahayakan tubuh Anda pada batas tertentu, terutama mata Anda. Selain membahayakan bagi mata Anda, gelombang elektromagnetik juga menjadi salah satu penyebab kelelahan mata Anda, serta pada taraf yang lebih tinggi, menyebabkan berkurangnya kemampuan Anda dalam melihat. Maka dari itu, lensa anti radiasi dalam hal ini bertindak sebagai lapisan tambahan, yang bisa menjadi penghalang pancaran gelombang elektromagnetik yang berasal dari alat-alat listrik yang telah disebutkan diatas.

c.       Adakah pilihan warna untuk lensa anti radiasi?

Saat ini kacamata anti radiasi memiliki beberapa variasi warna. Ada lensa anti radiasi jenis photogrey, yang berwarna bening ketika di dalam ruangan namun akan berubah warna menjadi gelap (hitam atau abu-abu) ketika berada di luar ruangan. Ada pula lensa yang berwarna mbiru, kuning, hijau, ungu, dan beberapa warna lainnya. Dan tentu saja dengan harga yang bervariasi pula.


d.      Bagaimanakah membedakan kacamata dengan lensa anti radiasi dan kacamata biasa dengan lensa non anti radiasi?

Jika diamati secara langsung, mungkin akan sedikit susah. Dan juga keakuratan dari pengamatan Anda bisa saja tidak dapat di jamin. Oleh karena itu kalau Anda ingin membuktikan lensa kacamata anti radiasi Anda termasuk lensa anti radiasi atau bukan, maka kami sarankan bawalah ke optik terdekat untuk mengujinya. Alasan mengapa kacamata anti radiasi Anda bisa mencegah radiasi berbagai alat elektronik adalah karena memiliki lapisan yang mengandung senyawa logam listrik, yang memungkinkan lensa untuk menjadi anti radiasi. Lapisan inilah yang akan bisa di deteksi oleh alat Optik yang Anda tuju tersebut.
 

Banyak Bekerja dengan Komputer, Perlukah Kacamata Anti-radiasi?

Jakarta, Saat membeli kacamata, sedikitnya ada 2 pilihan lensa yang ditawarkan yakni lensa biasa dan lensa anti-radiasi. Bila calon pemakai banyak bekerja dengan komputer, biasanya akan disarankan untuk memakai lensa anti-radiasi. Perlukah?

Pakar oftalmologi komunitas dari RS Cicendo, Bandung, dr Nina Ratnaningsih, SpM, MSc (CEH) berpendapat, istlah anti-radiasi harus diperjelas terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Bila yang dimaksud adalah anti-radiasi sinar UV (Ultra Violet), maka akan lebih berguna untuk dipilih.

Saat berada di luar ruangan, radiasi sinar UV dari matahari bisa mempercepat kerusakan mata. Dengan alasan itu pula, sangat disarankan untuk mengenakan kacamata anti-radiasi sinar UV saat beraktivitas di luar ruangan terutama pada musim kemarau.

Kacamata minus yang memiliki lapisan anti-radiasi sinar UV juga ada yang bisa berfungsi ganda. Di dalam ruangan bisa difungsikan sebagai kacamata baca biasa, dan begitu keluar ruangan akan menjadi kacamata anti-radiasi sinar UV. Tentunya harganya lebih mahal.

Nah, kalau yang dimaksud adalah anti-radiasi komputer, dr Nina pun mempertanyakan manfaatnya. Menurutnya, anti-radiasi komputer tidak banyak gunanya karena semua layar komputer dan laptop masa kini umumnya sudah dilengkapi lapisan penangkal radiasi sendiri.

"Semua komputer semua laptop sudah punya anti-glare sendiri. Sebetulnya itu saja sudah cukup," kata dr Nina saat ditemui dalam workshop kesehatan indra penglihatan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan baru-baru ini, seperti ditulis pada Rabu (30/10/2013).

Yang paling penting, mata harus diistirahatkan secara berkala. Semboyan 20-20-20 tidak boleh dilupakan meski sudah memakai anti-radiasi. Istirahatkan mata setiap 20 menit, selama 20 detik untuk melihat objek jauh pada jarak 20 kaki (sekitar 6 meter).

 

1 Response to "Sekilas Info Tentang kacamata anti radiasi tv komputer dll"

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , GARNETQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    ReplyDelete

Ads 468x60px

Social Icons

Social Icons