Berita Teknologi IT

blogger templates
 

Kontes Robot Di Universitas Hasanuddin Makasar

Himpunan Mahasiswa Teknik ELektro Universitas Hasanuddin kembali mengadakan acara lomba robot. Sebanyak 18 tim dari sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia beradu kreativitas dalam lomba robot ini. Kontes dalam rangkaian acara “IT Fest 2012″ ini bisa dikatakan sebagai pemanasan menjelang Kontes Robot Indonesia yang akan digelar bulan Mei mendatang.
Masing-masing tim diberikan kesempatan untuk menurunkan dua robot untuk dilombakan. Dalam lomba ini, robot itu membuat benteng pertahanan dengan mengangkat sejumlah kubus. Pemenangnya akan mendapat predikat The King.

  Mahasiswa dari Inggris Berhasil Ciptakan Robot Bawah Laut dari Bahan Daur Ulang

Sekumpulan mahasiswa dari University of West England berhasil membangun sebuah robot dari bahan daur ulang. Robot tersebut memiliki fungsi untuk mendeteksi keberadaan pertambangan yang berlokasi di bawah laut. Para mahasiswa tersebut menggunakan perangkat bekas seperti berbagai perangkat rumah tangga, spare part mobil, router internet kamera yang diambil dari PlayStation 3, kipas komputer hingga lampu dari sebuah mobile Land Rover.
Robot tersebut pun mereka ikutsertakan dalam kompetisi internasional Autonomous Underwater Vehicles (AUV) yang berlangsung minggu ini di Italia. Gareth Griffith yang merupakan pimpinan dari tim robot tersebut mengatakan bahwa bagian tersulit dari pembangunan robot tersebut adalah membuat agar robot mampu bertahan dalam lingkungan yang berbahaya. Selain itu, robot juga harus memiliki ketahanan terhadap tekanan di bawah laut dan juga mempunyai bobot yang ringan.
Jika semua berlangsung dengan baik, robot yang dibangun dari bahan daur ulang ini memiliki kemampuan yang sebanding dengan robot pendeteksi pertambangan yang sebenarnya. Selain digunakan untuk mendeteksi lokasi pertambangan, robot AUV ini juga bisa digunakan untuk menginspeksi pengeboran minyak atau hal-hal lainnya.

Robot Transformer Autobot Menjadi Kenyataan dalam Ukuran Kecil Dibuat Oleh Brave Robotics Jepang

Anda penyuka film Robot Transformer yang menampilkan robot-robot dari planet lain yang bisa bertransformasi menjadi mobil, truk atau bahkan pesawat? Memang benar kalau apa yang bisa diimajinasikan manusia seringkali menjadi kenyataan seiring perjalanan waktu.
Teknologi robotik yang makin maju memungkinkan pengembangan proses transformasi dari robot menjadi mobil dan sebaliknya dapat dilakukan dalamn skala kecil oleh BRAVE ROBOTICS dari Jepang.
Anda bisa melihat tampilan foto robot dan mobil berikut ini yang merupakan “robot” yang sama namun memiliki kemampuan bertransformasi antara satu bentuk ke bentuk lain.
Orang di balik robot mini canggih ini adalah Kenji Ishida yang hobi robot telah berhasil melakukannya setelah usahanya selama 10 tahun di mana dari awalnya dia memulai dari transformasi kaki robot saja dari tahun 2002.
Dan dia belum berhenti sampai di sini, dia memiliki misi membuat robot berukuran sepenuhnya yang bisa bertransformasi menjadi mobil yang bisa dikendarain dengan artificiel intelligence pada tahun 2030.
Apabila Anda tertarik, bisa membeli robot ini dengan harga 24000 USD di mana robot ini memiliki ukuran 1/12 dibanding ukuran sebenarnya. Robot ini dibuat dengan printer 3D dan menggunakan batere lithium polymer. Dan jangan tunda untuk membeli karena Kenji Ishida hanya akan membuat 10 robot versi 7.1 ini.
Yang lebih menarik dari robot ini, adalah kemampuannya menembakkan “misil” mainan serta adanya kamera yang terkoneksi dengan Wifi pada bagian depan mobil atau muka robot.
Supaya tidak penasaran, silakan lihat video saat robot ini beraksi menjadi mobil dan sebaliknya serta saat robot ini menembakkan peluru dari tangannya. Bahkan kita bisa melihat video dari kamera yang terpasang pada robot autobot ini.

BERO, Robot Mungil yang Bisa Dikontrol dengan Memakai Smartphone

DeskPets Tankbo yang bekerja sama dengan WowWee Robopanda berhasil menciptakan sebuah robot lucu bernama BERO (Be the Robot). Robot ini merupakan sebuah robot mungil yang menggunakan sebuah motor berukuran 4 inci.
Selayaknya sebuah robot, Anda pun bisa mengontrol gerakan BERO ini dengan sebuah aplikasi di perangkat iOS ataupun Android Anda. Cara kerja robot ini menggunakan Bluetooth sebagai sarana penghubungnya. Selain itu, robot ini juga dilengkapi dengan amplifier dan speaker yang memungkinkannya untuk digunakan sebagai pengeras suara. Pihak developer menjual robot ini dengan berbagai harga, bergantung dari berapa donasi yang Anda berikan pada proyek Kickstarter dari robot ini. Yang paling murah, Anda bisa memperoleh BERO seharga $35 USD. Robot BERO yang paling murah ini tidak memiliki fungsi sebuah robot. Anda hanya bisa memakai BERO sebagai penghias meja ataupun sebuah speaker Bluetooth.
Sedangkan untuk versi kedua yang dijual seharga $79 USD, Anda akan memperoleh BERO dengan fungsi yang lebih banyak. Robot tersebut akan bisa dikontrol melalui Bluetooth, memainkan musik via slot SD card serta dilengkapi dengan 2 LED yang bertindak sebagai ‘mata’. Dan, untuk versi yang lebih mahal lagi, Anda akan memperoleh robot BERO yang mampu menggerakkan lengan, kepala serta pinggang. Selain itu terdapat pula sistem navigasi berbasis infrared yang menghindarkan robot menabrak benda saat bergerak.

Baxter, Robot Pintar yang Bisa Mempelajari Hal Baru dalam Kurun Kurang dari 30 Menit

Sebuah perusahaan bernama Rethink Robotics berhasil menciptakan sebuah robot yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Robot tersebut adalah sebuah robot bernama Baxter.
Robot ini dilengkapi dengan kemampuan belajar yang sangat cepat. Dan, untuk memberi pelatihan pada robot ini pun sangat mudah. Pihak perusahaan mengklaim bahwa tidak perlu menjadi seorang ahli untuk bisa mengajari robot ini sebuah hal yang baru. Pihak Rethink mengatakan bahwa robot ini juga memiliki kemampuan adaptabilitas yang tinggi. Berkat kemampuannya tersebut, robot ini dapat menyesuaikan dirinya dengan berbagai jenis lingkungan yang berbeda. Bahkan pihak perusahaan mengklaim bahwa robot ini sangat mudah untuk memperoleh sebuah kemampuan baru. Untuk mempelajari sebuah hal baru, robot Baxter membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Selain memiliki kemudahan dalam mempelajari hal baru, robot ini juga dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sebuah perusahaan bisa memperoleh robot ini dengan harga $22.000 USD atau sekitar 210 juta rupiah dan mulai dijual pada Oktober mendatang.

iRobot Roomba 790, Robot Pembersih Rumah yang Bisa Dikendalikan Dari Jarak Jauh

Selanjutkan kesuksesan robot pembersih iRobot Roomba seri 700, Departemen Robotik Massachusetts Institute of Technologhy menghadirkan iRobot Roomba seri 790 yang dibekali dengan alat kendali jarak jauh.

Robot pembersih lantai terbaru dari iRobot ini masih dilengkapi dengan sebuah touchpad control, sistem untuk menjadwalkan pembersihan, dan daya tahan baterai yang lebih lama dari seri 500.
Kelebihan iRobot Roomba 790 dari seri robot pembersih sebelumnya adalah adanya fitur pengendali jarak jauh nirkabel yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol iRobot Roomba 790 dari jarak yang cukup jauh untuk membersihkan di tempat tertentu.
Robot yang bisa digunakan untuk meringankan pekerjaan para ibu rumah tangga ini telah tersedia dipasaran dan dijual dengan harga US$699. Tinggal pilih, mau terus menggaji pembantu, atau membeli robot pembersih???

 

AndyVision dari MIT Technology, Robot Pengecek Stok Barang Di Toko Pakaian


Beragam tugas manusia kini sudah banyak yang digantikan oleh robot, misalnya saja, kini telah ada robot pemotong rumput yang bahkan tahu rumput mana yang harus dipotong dan mana yang tidak boleh dipotong, robot pembersih debu yang bisa dikendalikan dari jarak jauh dan lain lain.
Dan kini ada sebuah robot yang nampaknya sangat cocok digunakan untuk mereka yang memiliki toko pakaian. Robot yang dinamai AndyVision yang dikembangkan oleh MIT Technology ini bisa digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap stok barang yang tersedia, dan langsung mengirimkan datanya ke dalam database.
AndyVision bisa berkeliling toko pakaian anda untuk melakukan pengecekan barang. Robot ini akan memindai semua produk yang ada di toko dan jika ada stok barang yang habis, maka AndyVision akan secara otomatis memberitahukannya kepada pemilik toko.
Dengan menggunakan robot cerdas ini, Anda tentu saja tidak perlu capek capek berkeliling hanya untuk mengecek barang yang tersedia atau sudah habis. Pengunjung toko Anda pun akan semakin dimudahkan dalam mencari barang atau pakaian yang akan mereka beli.


VERE Kembangkan Robot yang Bisa Dikendalikan Fikiran Dari Jarak Jauh, Bahkan Antar Negara


Virtual Embodiment and Robotic Re-embodiment (VERE) dikabarkan sedang mengembangkan sebuah robot yang bisa dikontrol dari jarak jauh menggunakan fikiran manusia. Sebelumnya memang telah hadir sebuah robot tangan yang juga bisa digerakan hanya dengan menggunakan fikiran manusia yang digunakan untuk para penyandang penyakit lumpuh. Tapi robot buatan VERE ini dijamin jauh lebih keren.
Robot buatan VERE ini bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan fikiran manusia melalui bantuan teknologi Functional magnetic resonance imaging or functional MRI (FMRI). Dengan bantuan teknologi FMRI, robot ini bisa dikendalikan dengan menggunakan fikiran dari jarak yang sangat jauh. Misalnya saja sang robot yang sedang berada di suatu negara bisa dikendalikan melalui fikiran oleh seseorang yang sedang berada di negara lain.
Teknologi FMRI dalam robot ini bisa diintegrasikan melalui sebuah kamera yang terpasang pada sang robot. Memang ada jeda beberapa saat ketika seseorang “memainkan” sang robot dengan fikirannya, tapi walaupun begitu, tentu saja robot yang dikembangkan oleh VERE ini merupakan sebuah bukti dari perkembangan robotik yang semakin pesat.
Para pengembang robot ini berharap agar nantinya robot kreasi mereka bisa berguna untuk membantu dunia kesehatan ataupun yang lainya.

2 Responses to "Berita Teknologi IT "

  1. Berita Teknologi It >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Berita Teknologi It >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Berita Teknologi It >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete
  2. Mantap 😁🇮🇩😃😀😆🤩😷🙃😄😎🤑 stgt.xtgem.com

    ReplyDelete

Ads 468x60px

Social Icons

Social Icons