10 Aplikasi Seru Berbasis Teknologi Augmented Reality

blogger templates
Augmented Reality(AR) adalah teknologi yang memperluas/menambah(augmented)sensor komputer seperti sensor audio, video, atau grafik pada elemen-elemen di dunia nyata (reality). Pada smartphone, teknologi ini telah ada sejak dulu, namun masih berupa teknologi AR yang sederhana.
Masih ingat game pada ponsel symbian awal seperti menembak nyamuk atau membasmi virus yang beterbangan? Kalau pernah memainkannya pasti anda akan langsung memahami apa yang dimaksud dengan teknologi AR ini. Pada permainan tersebut kita menggunakan kamera ponsel untuk menjadikan dunia riil sekitar kita sebagai area permainan, sementara di layar ponsel kita akan terlihat objek yang seolah-olah berada di sekitar kita. Inilah yang dimaksud dengan teknologi AR, menggabungkan elemen dunia nyata dengan elemen virtual.
Dengan berkembangnya teknologi smartphone saat ini, teknologi AR untuk ponsel juga berkembang secara pesat, dan berikut adalah 10 aplikasi AR tersebut yang mungkin bisa anda coba.

1.  LAYAR
Hanya dengan membidikkan kamera ke sekitar kita, kita bisa mendapatkan berbagai informasi seperti cuaca, tempat-tempat penting seperti ATM, restoran, bioskop, bahkan informasi mengenai siapa yang sedang melakukan update Twitter. Walaupun di Indonesia layer-layer (database) yang tersedia masih fokus di kota-kota besar seperti Jabodetabek, namun aplikasi ini akan terus berkembang di masa depan.
layar
Aplikasi ini tersedia untuk Android, Iphone, Blackberry dan Symbian.

2.  WIKITUDE
Wikitude adalah aplikasi saingan untuk layar, persis seperti layar, browser Wikitude juga bisa menampilkan berbagai info ketika kamera ponsel kita arahkan ke sekitar lengkap juga dengan info dari wikipedia. Sangat berguna jika anda akan bepergian ke tempat-tempat yang belum pernah anda kunjungi.
wikitude
Aplikasi ini tersedia untuk Android, Iphone, Blackberry dan Symbian.

3.  MENOO
Untukanda yang suka wisata kuliner, maka aplikasi yang satu ini cocok. Aplikasi ini adalah aplikasi buatan anak negeri sehingga kontennya pun fokus pada tempat-tempat kuliner dalam negeri. Tidak hanya membantu kita menentukan tempat-tempat makan terdekat, menambahkan tempat kuliner favorit,tapi kita juga bisa melihat review dari pengunjung yang lain dan menambahkan review kita sendiri. Ke depannya Menoo juga akan banyak bekerja sama dengan penyedia kuliner dan memberikan promo menarik untuk para konsumen.
Menoo!
Aplikasi ini tersedia untuk Android, Blackberry dan Iphone.

4.  CAR FINDER
Pernah lupa dimana kita memarkir kendaraan kita? Aplikasi ini membantu kita mengingatnya. Tidak perlu lagi berputar-putar hingga tersesat hanya untuk menemukan dimana parkir kendaraan kita.
car finder
Aplikasi ini tersedia di Android dan Iphone.

5.  GOOGLE SKY MAP
Suka melihat langit dan ingin mengetahui nama-nama konstelasi bintang yang sedang kita pandang? Aplikasi ini jawabannya. Dengan aplikasi ini anda bisa menjadi Astronomer instan yang dengan mudahnya mengetahui informasi-informasi perbintangan hanya dengan (lagi-lagi) membidikkan kamera ponsel anda ke arah langit.
Google sky map

6.  AR SOCCER
Jika anda suka bermain bola dan berlatih juggling bola ketika anda bosan, maka aplikasi ini bisa mejadi alternative jawaban.
AR Soccer
Aplikasi AR Soccer ini tersedia di Iphone dan Android.

7.  AR BASKETBALL
Lebih suka bermain basket daripada sepak bola? Ambil gumpalan kertas sebagai bola basket dan anda siap bermain!
AR Basketball
Aplikasi ini tersedia di Iphone.

8.  SKY SIEGE
Penyuka game FPS harus mencoba game yang satu iniuntuk menjadikan sekeliling anda menjadi medan peperangan.Let Stand Up and Fight!
SKY Siege
Aplikasi Permainan ini tersedia di Iphone dan Android.

9.  PARALLEL KINGDOM
Menjadikan lokasi riil sebagai tempat untuk bertualang dan mengumpulkan poin bisa jadi sangat seru. Penggemar MMORPG harus mencoba game AR yang satu ini.
Parallel Kingdom
Aplikasi Permainan ini tersedia di iPhone dan Android.

10.  PAINTBALL ARENA
Bermain Paintball tanpa harus mengotori pakaian dengan cat? Permainan ini bisa jadi pilihan yang seru. Teknologi AR-nya dapat menandai pemain yang telah terkena tembakan.
PAINTBALL ARENA
Aplikasi ini tersedia di Iphone dan Android.

0 Response to "10 Aplikasi Seru Berbasis Teknologi Augmented Reality"

Post a Comment

Ads 468x60px

Social Icons

Social Icons